Tentang Orang-orang Munafik By @salimafillah

1) Ada 2 hal yang sering membuat kita kagum; ucapan & penampilan. Dan bukan cuma pada kita Allah memperingatkan tuk hati-hati dalam takjub.
2) Bahkan RasuluLlahpun diwanti-wanti oleh Allah agar takjub itu tak meruyak; karena seringkali yang menakjubkan adalah justru yang merusak.
3) Tentang ucap yang mengagumkan; Allah menyatakan; "Dan di antara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menakjubkanmu..
4) ..dan dipersaksikannya kepada Allah atas kebenaran isi hatinya, padahal dia adalah penentang yang paling keras." {QS2:204}. Shadaqallah.
5) Muhammad ibn Ka’b Al Qurazhi menyatakan, "Ayat ini turun tentang seorang lelaki munafiq; kemudian ia berlaku umum bagi orang yang dalam..
6) ..hatinya ada penyakit; yang mengira dapat mengelabui Allah & kaum mukminin dengan ucapannya yang fasih, indah, & mempesona tapi menipu."
7) Maka kita diperingatkan dari ucapan yang berbahaya ini; tak perlu takjub pada pembicaraan yang berbunga & berpermata tentang hidup dunia.
 
8) Adapun tentang penampilan; Allah menyatakan; "Dan apabila kalian melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan kalian kagum. Dan jika..

9) ..mereka berkata kalian mendengarkan perkataan mereka. Mereka adalah seakan-akan kayu yang tersandar. Mereka mengira bahwa tiap-tiap..
10) ..teriakan yang keras ditujukan kepada mereka. Mereka itulah musuh (yang sebenarnya), maka waspadalah terhadap mereka.." {QS63:4}
11) Ibn Katsir mentafsir, "Maksudnya mereka mempunyai penampilan yang bagus; (tubuhnya, pakaiannya, perhiasannya) & sangat fasih berbicara."
  12) "Jika ada yang mendengar ucapan mereka yang penuh logika, retorika, & sastra pasti akan tertarik. Tapi hakikatnya mereka lemah jiwanya."

13) "Mereka berada dalam puncak kegamangan, kegelisahan, kekhawatiran, rasa takut, & tumbuh sebagai pengecut di dalam diri mereka sendiri."
14) Maka kitapun diingatkan tuk tidak mudah takjub & terkejut pada ucapan & penampilan macam itu. Kata orang Jawa; Aja Gumunan, Aja Kagetan.
15) AstaghfiruLlah; yang bicara inipun mungkin termasuk si pentakjub; atau bahkan dilekati sifat munafiq nan ucap & penampilannya berbahaya.
16) Tapi mari Shalih(in+at); simak Taujih Allah ini; "Orang-orang yang MENDENGARKAN perkataan lalu MENGIKUTI yang PALING BAIK di antaranya..
17) ..Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal." {QS39:18}. ShadaqaLlah.
18) Semoga Allah menjaga kita agar tak termasuk para pemfasih lidah yang mencari dalih; atau para penampil pesona yang hanya memburu dunia.
 
19) Semoga Allah menjaga kita agar tak mudah tertipu oleh kilau gemerlap bergincu manis; agar tak terpesona oleh ucapan nifaq ahli dunia.

20) Semoga Allah karuniakan pada kita hidayah & ilmu yang menajamkan akal & menjernihkan fikir; untuk menyimak kekata & mengikut terbaiknya.
 
sumber:  https://myfitriblog.wordpress.com/

0 Response to " Tentang Orang-orang Munafik By @salimafillah "

Posting Komentar