Profil Pon-pes Nurul Hadid

 ROFIL PENDIDIKAN
PONDOK PESANTREN NURUL HADID
Winduhaji - Sedong - Cirebon
A. Latar Belakang


          Pondok Pesantren Nurul Hadid didirikan sebagai upaya memenuhi tuntutan umat akan lahirnya generasi yang bertaqwa, memiliki pemahaman dien yang baik dan memiliki kompetensi yang memadai dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, keterampilan hidup serta memiliki rasa tanggungjawab dalam mengemban tugas dan amanat hidup.
Berangkat dari keprihatinan atas sebagian fenomena dimana pondok pesantren diidentikan dengan lembaga yang hanya memberi perhatian pada pembelajaran ilmu dien saja. Pelajaran sains dianggap sebagai ilmu yang tidak perlu dipelajari, terkesan gagap teknologi dan menutup mata dari perkembangan zaman dan kenyataan yang ada, bahwa kebutuhan akan pengetahuan dan teknologi adalah juga merupakan hajat umat.
Sebagian lain terlalu membuka diri, dengan dibukanya unit pendidikan umum di lingkungan pondok pesantren. Menerima dan mengajarkan iptek tanpa tashfiyah, mengedepankan keformalan ijasah sebagai segala-galanya, sehingga berimplikasi pada tergesernya ciri dan nilai-nilai kepesantrenan serta lalai dari pembinaan dan memberikan ilmu-ilmu dien sesuai porsinya, atas nama melahirkan lulusan yang siap berkompetisi dalam persaingan memasuki perguruan tinggi berkualitas.
Yang terakhir mencoba meraih kedua-duanya. Memberikan jatah terhadap kedua ilmu tersebut tanpa kajian yang matang pada muatan kurikulum. Itupun tanpa dukungan strategi dan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Hasilnya, nyaris merupakan penggabungan pelajaran kepesantrenan dan pelajaran umum (dari diknas dan depag) plus tahfidz dan sederet kegiatan boardingschool yang berjejalan, tumpang tindih, dengan beban belajar yang terlalu berat bagi para peserta didik dan ketidak optimalan dalam peraihan tujuan yang diharapkan.
Maka Pondok Pesantren Nurul Hadid dengan Unit Pendidikan Madrasah Aliyah (MA) berupaya memenuhi kebutuhan akan sekolah berkualitas yang memberi perhatian pada ilmu-ilmu dien dan ilmu-ilmu kauni (iptek) sebagai hajat ummat dengan tetap memprioritaskan ilmu-ilmu dien diatas iptek dalam bentuk menginternalisasi dan mengintegrasikan dien (iman dan takwa) terhadap iptek, selain memberikan pelajaran pokok-pokok ilmu-ilmu dien dan Bahasa Arab secara khusus, sehingga ‘output’ yang dihasilkan diharapkan menjadi manusia dewasa yang utuh kepribadiannya, cerdas otaknya, kuat imannya, luhur akhlaknya dan dapat berkiprah di masyarakat menebarkan kebaikan untuk tegaknya izzul Islam wal muslimin.
B. Profil Singkat
NAMA
Pondok Pesantren Nurul Hadid
ALAMAT
Desa Winduhaji Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat INDONESIA
VISI
Terbentuknya muslim cendekia yang shalih, disiplin dan siap menghadapi tantangan global
MISI
  1. Menjadikan al-Quran dan as-Sunnah dengan pemahaman salafus shalih sebagai landasan pendidikan.
  2. Meningkatkan pembinaan aqidah yang lurus, ibadah benar dan akhlak yang mulia untuk semua komponen madrasah.
  3. Menciptakan lingkungan pendidikan yang disiplin.
  4. Menumbuhkembangkan semangat keunggulan dan profesionalisme dalam segala kegiatan
  5. Mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran dan administrasi madrasah
TUJUAN
  1. Mendidik siswa agar mampu berinteraksi dengan al-Quran dan as-Sunnah secara tilawah, hafalan, pemahaman maupun pengamalan.
  2. Menyiapkan siswa yang berkualitas untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
  3. Membentuk muslim cendekia yang professional, bertanggungjawab dan memiliki semangat disiplin.
  4. Membekali siswa dengan keterampilan hidup dan kemampuan berkomunikasi aktif dalam bahasa arab dan inggris, serta mampu mengembangkan diri secara mandiri.
  5. Meningkatkan hubungan harmonis, sinergis dan berkesinambungan serta saling membutuhkan antar unsur terkait dalam merealisakan program ma’had
PROFIL OUTPUT
  1. Memiliki keyakinan akan kebesaran dan keagungan Allah dan ketundukan secara total terhadap ajaran Islam
  2. Memahami prinsip-prinsip Aqidah Islam
  3. Mampu membaca Al Quran dengan baik dan benar.
  4. Hafal 5 juz Al Qur’an
  5. Hafal 100 hadits pilihan
  6. Memahami Fiqih Islam secara global pada keseluruhan bab
  7. Berakhlak mulia dan terbiasa beradab Islam
  8. Sehat fisik dan mental
  9. Berdisiplin tinggi
  10. Memiliki seperangkat ilmu-ilmu dasar guna memahami dan mendalami hukum syari’at
  11. Memiliki kecakapan berkomunikasi dalam Bahasa Arab dan Inggris
  12. Memiliki kecakapan membaca, memahami dan mengkaji literatur ilmu pengetahuan berbahasa Arab dan Inggris
  13. Memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri
  14. Mampu bersaing secara sehat dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
  15. Memiliki orientasi yang jelas dalam pemikiran, sikap dan tindakannya untuk mengabdikan hidupnya kepada Allah
  16. Bersemangat dan aktif mengambil peran dalam berkhidmat terhadap dienul Islam.
SISTEM PENDIDIKAN
Pondok Pesantren Nurul Hadid menggunakan sistem boardingschool yaitu semua peserta didik tinggal di asrama dalam lingkungan pondok, mentaati tata tertib dan mengikuti ketentuan kegiatan dibawah pengawasan, penngendalian dan bimbingan para pengurus dan asatidzah
UNIT PENDIDIKAN
  1. Unit Madrasah Aliyah (Program IPA)
Madrasah Aliyah Nurul Hadid mendidik kader muslim cendekia yang beraqidah lurus, beribadah benar, berakhlak mulia, sehat mental dan fisik, siap berperan aktif dalam dakwah menegakkan izul Islam wal muslimin. Lama pendidikan 3 tahun diperuntukkan bagi lulusan Kelas Persiapan (I’dad Lughawy) Pondok Pesantren Nurul Hadid, atau lulusan Pondok Pesantren (Boardingschool) lain setingkat SMP/MTs atau yang sederajat dan telah memenuhi persyaratan penerimaan. Setelah menamatkan pendidikan dan lulus ujian mendapatkan ijasah Ma’had dan ijasah Negara
  1. Unit I’dad Lughawy (kelas Intensif Persiapan Bahasa)
Program Pra Madrasah Aliyah Nurul Hadid bagi lulusan SMP/MTs atau yang sederajat non pesantren. Lama pendidikan satu tahun. Program pendidikan diarahkan pada kecakapan bahasa Arab dan materi dasar kepesantrenan (diniyyah) hingga selesai pendidikan, siswa diharapkan dapat memiliki kemampuan yang setara dalam kemampuan berbahasa dan penguasaan ilmu dien dengan lulusan SMP/MTs berbasis pesantren (Boardingschool).
Kepada santri yang tuntas menempuh pendidikan dan lulus pada ujian akhir diberikan Hasil Evaluasi Belajar dan keterangan untuk bisa melanjutkan ke Unit Madrasah Aliyah .
PENGURUS PESANTREN
Pengasuh : Ust. Yusuf Sutisna Firdaus
Mudir Ma’had : Ust. Saiful Haq,Lc


Bendahara : Ust. Ruslani, S.Pd.I
Kepala Sekolah : Ust. Rido Wahyuri, S.Pd
Ketua Kesantrian : Ust. Haris,Lc

TENAGA PENDIDIK
Tenaga Pengajar di Pondok Pesantren Nurul Hadid adalah lulusan perguruan tinggi di Indonesia (IKIP Semarang, Universitas Brawijaya Malang, UPI Bandung, IAIN Walisongo Semarang, UNS, UNSWAGATI Cirebon, Universitas Al Aqidah Jakarta) , lulusan Pesantren Tinggi (Al Ma’had al ‘Aly) dan guru-guru (asatidz) dari berbagai Pondok Pesantren bermanhaj ahlusunnah wal jama’ah yang memiliki pengalaman mendidik minimal 5 tahun

KURIKULUM PENDIDIKAN DAN PEMBINAAN
Kurikulum Pendidikan dan pembinaan di Pondok Pesantren Nurul Hadid merupakan kurikulum terpadu yang dirancang untuk mencapai visi, misi dan tujuan sebagaimana disebutkan. Tidak ada dikotomi yang memillah ilmu-ilmu umum (kauni) diajarkan secara formal (pagi hari) dan ilmu ilmu kepesantrenan diajarkan secara non formal (sore atau malam) ataupun sebaliknya.
Semuanya dipadukan dalam penempatan yang serasi sesuai alokasi yang ada , sifat muatan dan prioritas pendidikan baik dalam kegiatan formal maupun non formal sebagaimana dijelaskan dalam rancang bangun kurikulum pembinaan Pondok Pesantren Nurul Hadid

ALAMAT SURAT
Pondok Pesantren Nurul Hadid PO BOX 8 CILIMUS 45556
REKENING :
BCA KCU CIREBON no : 1340706419 a.n Abdul Hamid
Bank Muamalat cabang Cirebon a.n. Ruslani Nomor 0111602315
Bank Syariah Mandiri (BSM) cabang Cirebon a.n. Ruslani Nomor 0230104755
source

0 Response to " Profil Pon-pes Nurul Hadid "

Posting Komentar