Rasulullah pun Tertawa: Inilah Dua Kisah Beliau Bersama Ibunda Aisyah

Ibunda Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Aku pernah pergi bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah perjalanan, waktu itu aku masih seorang wanita yang kurus alias tidak gemuk.”
Beliau lalu mengarahkan kepada orang-orang yang ikut rombongan, “Majulah!” Mereka pun maju sesuai arahan beliau. Lantas beliau berkata kepadaku, “Kemarilah (istriku), aku mau mengajakmu berlomba lari, aku pasti menang!” Kami pun berlomba, dan akhirnya aku menang dari beliau.
Aisyah radhiyallahu ‘anha kembali menceritakan, “Kemudian dalam kesempatan safar lainnya – saat itu badanku sudah gempal dan berdaging – beliau kembali mengarahkan orang-orang yang ikut rombongan untuk maju, “Majulah, majulah!” Mereka pun maju. Aku lupa kalau pernah mengalami hal serupa bersama nabi.
Setelah itu, beliau berkata kepadaku, “Kemarilah, ayo lomba lari, aku pasti menang!” Kami pun berlomba. Awalnya, aku berhasil mendahului beliau, tapi akhirnya beliau mendahuluiku. Beliau pun tertawa dan berkata, “Ini untuk (kekalahanku) yang dulu.”

Ibunda Aisyah radhiyallahu ‘anhu pernah berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah tiba dari Perang Tabuk atau Khaibar, sementara itu kamar (Aisyah) ditutup dengan kain penutup. Ketika ada angina bertiup, kain penutup itu tersingkap hingga tampaklah mainan boneka Aisyah.
Beliau bertanya, “Wahai Aisyah, apa ini?” Aisyah menjawab, “Itu mainan bonekaku.”
Beliau juga melihat patung kuda yang memiliki dua sayap lalu kembali bertanya, “Apa yang berada di tengah-tengah boneka ini?” Aisyah menjawab, “Boneka kuda.” Beliau pun bertanya lagi, “lantas, yang di bagian atasnya itu apa?” “Dua sayap.” jawab Aisyah.
“Kuda mempunyai dua sayap ya?” tanya beliau lagi. Aisyah menjawab, “Bukankah Engkau pernah mendengar kalau Nabi Sulaiman memiliki kuda dengan banyak sayap?”
“(Mendengar jawaban itu) beliau pun tertawa hingga aku dapat melihat giginya.” lanjut Aisyah dalam ceritanya.

sumber : kiblat

0 Response to " Rasulullah pun Tertawa: Inilah Dua Kisah Beliau Bersama Ibunda Aisyah "

Posting Komentar