Manfaat Tauhid di Dunia dan Akhirat

Tauhid bisa menjadi tempat berlindung bagi musuh-musuh Allah sekaligus menjadi tempat berlindung bagi para pembela-Nya. Adapun tempat berlindung bagi musuh-musuh-Nya; yakni Tauhid dapat menyelamatkan orang-orang Musyrik dari segala kesulitan dan malapetaka dunia. Di dalam salah satu ayat, Allah berfirman:
فَإِذَا رَكِبُوا فِي الْفُلْكِ دَعَوُا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ فَلَمَّا نَجَّاهُمْ إِلَى الْبَرِّ إِذَا هُمْ يُشْرِكُون  
" Maka apabila mereka naik kapal, mereka berdoa kepada Allah dengan penuh rasa pengabdian kepada-Nya, tetapi ketika Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, mereka malah kembali menyekutukan Allah" (QS. Al-Ankabut: 65)

Adapun perlindungan bagi para pembela-Nya; yakni Tauhid bisa menyelamatkan orang yang beriman dari segala kesulitan dan malapetaka Dunia dan Akhirat.

Oleh karena itu, Nabi Yunus berlindung dengan Tauhid, hingga akhirnya Allah menyelamatkan beliau dari kegelapan ( perut ikan ) yang meliputinya.  Demikian pula yang dilakukan oleh kaum beriman pengikut para Rasul; mereka diselamatkan dari kejahatan orang-orang Musyrik di Dunia dan dari adzab yang di siapkan bagi orang Musyrik itu di akhirat. Akan tetapi,tatkala fir'aun mencoba berlindung kepada tauhid ketika dia telah melihat kebinasaannya dan yakin akan tenggelam, tauhid ini tidak memberikan manfaat kepada dirinya ( lihat QS. Yunus:90-92 ). Sebab, iman yang baru munculpada saat ajal telah diperlihatkan tidak akan diterima.

Demikianlah sunnatullah yang ditetapkan bagi para hamba-Nya. Tidak ada senjata yang lebih ampuh untuk menolak kesulitan-kesulitan di dunia selain Tauhid. Oleh karena itulah, doa ketika dilanda kesedihan mengandung makna Tauhid. Salah satunya adalah doa yang dimohonkan oleh Nabi Yunus 'Alaihissalam ( Dzun Nuun ). Apabila doa tersebut dibaca oleh orang yang sedang dilanda kesulitan niscaya Allah akan menghilangkan kesulitan itu, dikarenakan tauhidullah yang terkandung di dalamnya.

Jadi tidak ada sesuatu yang dapat menjerumuskan seseorang ke dalam kesulitan besar selain kemusyrikan. Sebaliknya, tidak ada sesuatu yang dapat menyelamatkan seseorang dari kesulitan besat melainkan melainkan tauhid saja. Tauhid adalah tempat berlindung bagi semua makhluk, sekaligus benteng dan penolong mereka.

(Di kutip dari kitab Fawaidul Fawaid karya Syaikh Ibnul Qoyyim Al-Jauziyah)

2 Responses to " Manfaat Tauhid di Dunia dan Akhirat "

  1. Tauhid sebagai tempat berlindung BG musuh2 Allah sih gmn maksudnya?

    BalasHapus
  2. Best slot machines near me - JTM Hub
    Best slot machines 양산 출장안마 near me - JTM Hub offers free slots 광양 출장안마 to 제주 출장샵 all 전주 출장샵 US players. Check our review on where to play slot machines for free or find a list of 익산 출장샵

    BalasHapus